La Coruna, Spanyol (ANTARA News) – Penyerang Barcelona, Luis Suarez, berhasil mencetak caturgol saat mengantarkan timnya melibas tuan rumah Deportivo La Coruna dengan skor 8-0 dalam laga lanjutan pekan ke-34 La Liga Spanyol di Stadion Riazor, Kamis dini hari WIB.
Bukan hanya memborong empat dari enam gol Barcelona, Suarez juga menorehkan tiga assist untuk tiga gol lain yang dicetak rekan setimnya Ivan Rakitic, Lionel Messi dan Neymar, sedang satu gol lainnya dari tim tamu disumbangkan pemain belakang Marc Bartra.
Dengan kemenangan tersebut, Barcelona berhasil menjaga tempat mereka sebagai pemuncak sementara klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 79 poin.
Sementara Deportivo (38) turun ke urutan 14 klasemen
Suarez mengawali pesta gol Barcelona saat laga memasuki menit 11, setelah penyerang Uruguay itu memanfaatkan situasi sepak pojok dengan menyambut bola kiriman Rakitic.
Barcelona menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol kedua Suarez menit 24 menyelesaikan kerja sama serangan Lionel Messi dan Andres Iniesta.
Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum, namun tim tamu hanya membutuhkan waktu dua menit sejak memasuki babak kedua untuk menambah keunggulan mereka menjadi 3-0 pada menit 47 lewat penyelesaian dingin Rakitic atas umpan sodoran Suarez.
Tuan rumah seolah tak diberikan kesempatan untuk bernapas di babak kedua, sebab enam menit berselang Suarez kembali mencatatkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Messi. Deportivo nol, Barcelona empat.
Membukukan trigol rupanya tak membuat Suarez berhenti untuk melepaskan percobaan tembakan ke gawang tuan rumah, hasilnya menit 64 ia mencetak gol keempatnya di laga tersebut demi membawa Barcelona unggul 5-0.
Suarez boleh puas dengan raihan empat golnya, namun Barcelona belum selesai menggelar pesta gol dan mantan penyerang Liverpool itu berandil terhadap dua dari tiga gol lain Barcelona.
Menit 73 Suarez membalas peran penting Messi dengan meneruskan bola dengan kepalanya ke ruang tembak megabintang Argentina itu, yang dengan tenang menyontek bola dari jarak dekat.
Barcelona kian menjauh dengan keunggulan 7-0 saat Bartra melakukan aksi individual menawan, menyisir sisi kanan sembari menggiring bola sebelum menusuk ke dalam dan melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau penjaga gawang Manu.
Neymar menjadi nama terakhir yang tercatat di papan skor laga tersebut dengan melengkapi kemenangan Barcelona menjadi 8-0 atas tuan rumah setelah dengan tenang menyambut umpan Suarez, mengendalikan bola sejenak menipu Manu sebelum menceploskan ke gawang yang sudah tak bertuan.
Susunan pemain kedua tim di laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi La Liga Spanyol.
Deportivo La Coruna (4-1-2-1-2): Manu (PG); Laure, Sidnei, Fernando Navarro (Faycal Fajr), Juanfran; Alex Bergantinos; Celso Borges (Jonas Gutierrez), Pedro Mosquera; Cani (Fede Cartabia); Lucas Perez, Oriol Riera
Pelatih: Victor Sanchez del Amo
Barcelona (4-3-3): Claudio Bravo (PG); Dani Alves, Marc Bartra, Javier Mascherano, Jordi Alba (Adriano); Ivan Rakitic, Sergio Busquets (Rafinha), Andres Iniesta (Sergi Roberto); Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique
Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016