equityworld-futures – Sevilla juara Liga Europa usai menekuk Liverpool dengan skor 3-1 pada partai final yang dihelat di Stadion Jacob Park, Basel, Swiss, Kamis dini hari waktu Indonesia.

Sevilla meraih gelar juara Liga Europa tiga kali beruntun sejak 2014, 2015, dan 2016. Sementara Liverpool gagal mengulang kesuksesan mengangkat piala Liga Europa yang terakhir kali diraih pada 2001.

Tiga gol kemenangan pasukan Unai Emery dicetak pada babak kedua lewat tendangan Kevin Gameiro, dan dua sontekan Coke. Sementara satu gol Liverpool dibukukan Daniel Sturridge pada babak pertama.

Selain meraih gelar juara Liga Europa, Sevilla juga berhak tampil di Liga Champion musim depan.

Pada jalannya laga, Liverpool yang tampil menyerang sejak awal laga mencetak gol 1-0 pada 10 menit sebelum babak pertama usai lewat tendangan kaki kiri Sturridge yang mengarah ke sudut kiri gawang Sevilla.

Liverpool nyaris unggul 2-0 jika tandukan Dejan Lovren dari umpan tendangan penjuru James Milner tidak dibatalkan wasit Jonas Eriksson asal Swedia karena Sturridge terjebak offiside. Skor 1-0 menutup babak pertama dengan keunggulan Liverpool.

Semangat bermain Sevilla terlecut setelah Kevin Gameiro mencetak gol penyama kedudukan 1-1 saat babak kedua baru berjalan 17 detik memanfaatkan umpan Mariano Ferreira.

Sevilla malah berbalik unggul 2-1 setelah kerja sama “satu-dua” Vitolo dan Éver Banega diselesaikan dengan sepakan keras kaki kanan oleh Coke yang mengantar bola masuk ke sudut kiri gawang Liverpool pada menit 64.

Sevilla menambah penderitaan Liverpool menjadi 3-1 setelah Coke membobol gawang Mignolet usai menerima bola dari kesalahan Moreno pada menit 70.

Bek Sevilla Adil Rami terpaksa ditarik keluar karena cedera kemudian digantikan Thimotee Kolodziejczak pada menit 78. Sementara empat menit kemudian Liverpool memainkan Christian Benteke menggantikan Kolo Toure.

Hingga laga berakhir tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga Sevilla berhasil menang 3-1 atas Liverpool.

Susunan pemain kedua tim dilansir UEFA.com :

Liverpool (4-4-2): Mignolet; Clyne, Toure, Lovren, Moreno; Milner, Can, Coutinho, Lallana (Allen); Firmino (Divock Origi); Sturridge
Pelatih: Jurgen Klopp.

Sevilla (4-2-3-1): Soria; Mariano, Rami (Kolodziejczak), Carrico, Escudero; N’Zonzi, Krychowiak; Vitolo, Banega, Coke; Gameiro (Iborra)
Pelatih: Unai Emery

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016