Kiev (ANTARA News) – Presiden Ukraina Petro Poroshenko Senin mengatakan bahwa pasukannya telah kehilangan tiga tentara dalam pertempuran dengan pejuang pro-Rusia di bandara yang disengketakan dekat kubu pemberontak Donetsk.

“Pertempuran untuk Bandara Donetsk berakhir 10 menit yang lalu,” kata Poroshenko pada konferensi pers akhir tahun. “Bandara Donetsk tetap di bawah kontrol penuh kami.

Sayangnya, informasi tentang tiga orang yang tewas telah dikonfirmasi.”

Bandara Ukraina timur telah mengalami beberapa pertempuran terberat perang separatis delapan bulan yang terjadi pada April di beberapa daerah yang penduduknya berbicara bahasa Rusia di tengah pergeseran Kiev terhadap Eropa dan jauh dari Moskow.

Satu gencatan senjata 5 September yang diperkuat oleh perjanjian gencatan senjata lain pada 9 Desember telah membantu menenangkan pertempuran paling sengit di wilayah separatis Lugansk dan Donetsk.

Namun bentrokan di sekitar bandara terus berlanjut. Kiev telah melaporkan kematian hampir 20 tentara dalam tiga pekan terakhir.

Seluruh perang telah merenggut nyawa sekitar 4.700 orang – lebih dari 1.300 dari mereka meninggal sejak 5 September, demikian AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2014