London (ANTARA News) – Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan juara bertahan Arsenal mencapai putaran keempat Piala FA pada Minggu, sedangkan tim strata ketiga Sheffield United mendemonstrasikan kekuatan mereka di ajang piala dengan menyingkirkan Queens Park Rangers.

Arsenal melaju setelah menang 2-0 atas tamunya Hull City pada ulangan final musim lalu, yang dimenangi pasukan Arsene Wenger untuk mengakhiri puasa gelar sembilan tahun dengan bangkit dari ketinggalan dan menang 3-2.

Pertemuan kembali dengan Hull yang dilatih Steve Bruce tidak sedramatis pertemuan sebelumnya. Tandukan Per Mertesacker dari tendangan sudut Alexis Sanchez membawa Arsenal memimpin pada menit ke-20, dan Sanchez mengunci kemenangan melalui tembakan akurat delapan menit sebelum pertandingan usai.

“Kami menyia-nyiakan sejumlah peluang, namun kami perlu bersabar dan melakukan pekerjaan dengan cara yang profesional,” kata Wenger kepada BBC.

“Jika kami dapat menghentikan Hull mencetak gol, Anda dapat melihat gol kedua akan datang. Itu dapat saja telat, namun kami mengatasi situasi yang ada.”

Tim peringkat kedua Liga Utama Inggris Manchester City merasakan kecemasan dari tim strata kedua Sheffield Wednesday, sebelum mengamankan kemenangan 2-1 di Stadion Etihad berkat gol penentu kemenangan yang dibukukan James Milner pada menit ke-91.

Wednesday dikalahkan 0-7 oleh City di Piala Liga pada September, namun mereka unggul terelbih dahulu pada menit ke-14 melalui Atdhe Nuhiu, namun Milner, yang merayakan ulang tahun ke-29nya, mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-66, sebelum memastikan kemenangan The Citizen.

Rival sekota City Manchester United juga mencatatkan kemenangan yang diraih dengan susah payah atas tim dari liga yang lebih rendah, di mana mereka menang 2-0 atas tim strata ketiga Yeovil Town.

Pelatih United Louis van Gaal menurunkan tim yang kuat, yang dihuni Wayne Rooney dan Radamel Falcao untuk penampilan perdananya di Piala FA, namun ia perlu menunggu sampai menit ke-44 untuk Ander Herrera membawa tim tamu unggul melalui sepakannya dari jarak 19 meter.

Yeovil terus menekan, namun United memastikan kemenangan pada menit terakhir ketika Rooney memberi umpan kepada pemain pengganti Angel di Maria untuk melaju dan melepaskan sepakan cungkil.

“Saya telah memperkirakan hal ini,” kata Van Gaal kepada BBC. “Selalu sulit untuk menghadapi tim seperti ini, yang memainkan bola-bola panjang. Anda harus bertarung dan mereka memberi banyak tekanan terhadap kami.”

Chelsea menikmati kemenangan yang lebih meyakinkan, menang 3-0 atas tamunya tim divisi kedua Watford, berkat gol-gol di babak kedua yang dibukukan Willian, Loic Remy, dan Kurt Zouma.

Itu dapat menjadi pertanda baik untuk pasukan Jose Mourinho, di mana Chelsea menaklukkan Watford dalam perjalanannya menuju kesuksesan pada 1970, 2009, dan 2010.

Wrexham sempat menekan Stoke

Sheffield United, yang mencapai semifinal musim lalu dan akan menghadapi Tottenham Hotspur pada empat besar Piala Liga musim ini, menang 3-0 atas Queens Park Rangers melalui gol Marc McNulty dan dua gol di babak kedua sumbangan Jamal Campbell-Ryce.

QPR menjadi tim strata tertinggi kedua yang tersingkir menyusul kekalahan 0-1 yang diderita Newcastle United dari Leicester City pada Sabtu.

“Kami tahu kami mampu datang dan bersaing dengan tim-tim papan atas,” kata pelatih tim pertama Sheffield United Chris Morgan.

“Menyenangkan untuk melaju di piala – rasanya hebat untuk para penggemar dan untuk pemasukan klub.”

Southampton harus memainkan pertandingan ulang melawan tim Championship Ipswich setelah bermain imbang 1-1 di St Marys, sedangkan diperlukan gol larut Christian Benteke bagi Aston Villa untuk membawa timnya menang 1-0 atas tim strata kedua Blackpool.

Sementara itu, tim non liga Wrexham yang bermain di strata kelima Football Conference hanya terpaut sepuluh menit untuk menciptakan sejarah di Piala FA, namun mereka kemudian kalah 1-3 dari tim strata tertinggi Stoke City.

Klub Wales itu, yang menyingkirkan juara bertahan Arsenal pada putaran ketiga pada Januari 1972, unggul 1-0 pada menit ke-73 di Stadion Britannia ketika Mark Carrington menanduk umpan silang Connor Jennings.

Namun dengan bayang-bayang kegagalan lain menggelayut di atas stadion, Marko Arnautovic menyamakan kedudukan pada menit ke-80, sebelum Stephen Ireland mencetak dua gol untuk mengamankan laju pasukan Mark Hughes.

“Saya pikir kami akan tersingkir, sejujurnya,” kata Hughes, yang terbiasa menyaksikan Wrexham bermain saat masih anak-anak.

Alan Pardew mengawali karirnya sebagai pelatih baru Crystal Palace dengan kemenangan, ketika timnya menang 4-0 atas tim non-liga Dover Athletic berkat dua gol di babak pertama yang dibukukan bek tengah Scott Dan, dan gol-gol dari Dwight Gayle dan Kevin Doyle.

Pardew ditunjuk sebagai pelatih Palace pada Sabtu, setelah meninggalkan Newcastle.

Sementara itu, Sunderland mengulang kemenangan mereka atas Leeds United pada final 1973 dengan kemenangan identik 1-0 atas tim Championship melalui gol bek kiri asal Belanda Patrick van Aanholt pada menit ke-33.

Tottenham Hotspur melawat ke Burnley pada Senin pada ulangan final 1962, yang dimenangi Spurs, dan Liverpool menghadapi tim strata ketiga AFC Wimbledon untuk pertandingan yang merupakan ulangan ketika Wimbledon yang asli memenangi final 1988. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015