equityworld-futures – Semarang (ANTARA News) – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo optimistis pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI berlangsung dengan lancar.

“Semuanya aman. Saya yakin Koalisi Merah Putih (KMP) bisa memisahkan mana proses persaingan demokratis di DPR dan MPR dengan mekanisme ketatanegaraan,” katanya di Semarang, Selasa malam.

Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang yang dipusatkan di kawasan Tugu Muda Semarang dan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Menurut Tjahjo, pertemuan Jokowi dengan Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Irman Gusman merupakan sinyal bahwa pelantikan Jokowi akan berjalan dengan baik.

“Pertemuan Ketua DPR, Ketua MPR, dan Ketua DPD dengan Pak Jokowi merupakan sebuah sinyal bahwa tanggal 20 Oktober nanti (pelantikan Jokowi-JK, red.) akan berjalan dengan baik,” katanya.

Ia mengatakan jaminan terhadap kelancaran pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019 juga sudah diberikan seluruh pihak, mulai MPR, DPR, DPD, dan TNI-Polri.

“Saya yakin dan dijamin seluruh pimpinan MPR, DPR, DPD, termasuk TNI-Polri, dan Pak Susilo Bambang Yudhoyono sendiri menjamin sehingga pelantikan Jokowi akan berjalan baik,” katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto juga optimistis pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK, berjalan aman.

“Aman, tidak ada apa-apa. Waktu pemilihan legislatif ramainya kayak apa, waktu pemilihan presiden ramainya juga seperti apa. Tanggal 20 Oktober itu acara kenegaraan, bukan acara parlemen,” katanya.

Djoko mengatakan sikap kritis oleh parlemen adalah hal yang biasa dan selama ini juga telah dirasakan. Untuk itu, ia optimistis pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan berjalan dengan baik.

Ketua MPR Zulkifli Hasan juga mengatakan pelantikan Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-JK telah dipersiapkan matang oleh KPU dan MPR, dan pelaksanaannya akan berjalan dengan lancar.

“Kami harapkan, masyarakat semuanya tenang, aman dan yakinlah semuanya ini walaupun ada dinamika politik komentar yang berbeda, yakinlah pelantikan berjalan lancar, suasana sejuk,” kata Zulkifli.  (ZLS/M029)

Editor: B Kunto Wibisono