Manado (ANTARA News) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara optimistis pembangunan Tol Manado-Bitung, jalan bebas hambatan pertama di daerah itu, bisa selesai pada 2018.

“Dalam dua tahun kedepan, Jalan Tol Manado-Bitung sudah dapat digunakan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sulut JE Kenap di Manado, Minggu.

Ia mengatakan pembangunan jalan tol itu sekarang sedang dikebut oleh kontraktor.

“Karena itu kepada warga masyarakat yang dilalui jalan tersebut untuk membantu dengan merelakan tanah milik mereka yang dilalui jalan itu untuk dibabaskan,” kata Kenap.

Pembebasan lahan, kata Kenap, merupakan salah satu masalah yang menghambat pembangunan jalan tersebut.

Pemerintah daerah terus melakukan pendekatan kepada pemilik lahan yang terkena pembangunan jalan tol, namun memang ada beberapa yang masih perlu pendekatan lebih lanjut.

Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dibiayai dengan APBN dan tidak dengan dana swasta seperti di kota besar lain di Indonesia.

“Secara hitung-hitungan jumlah kendaraan yang diperkirakan melalui jalan tol ini, belum memenuhi syarat, tetapi karena fungsi ke depan terutama mendorong pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pelabuhan Peti Kemas Bitung, maka jalan tersebut dibangun,” kata Kenap.

Proyek Jalan Tol Manado-Bitung, merupakan salah satu dari sembilan megaproyek yang dibangun di Sulut, yang tujuannya mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan timur Indonesia.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016