Jakarta (ANTARA News) – Musim liburan menjelang Lebaran semakin dekat, akhir minggu panjang yang disertai hari kejepit nasional juga kerap muncul. Belum lagi kebutuhan bisnis ke luar kota yang makin padat. Hal-hal tersebut pasti membuat Anda akan sangat sibuk berpergian sepanjang tahun ini.

Otomatis, “jam terbang” Anda bakal makin tinggi. Tak cuma butuh bolak-balik naik pesawat, tapi Anda juga membutuhkan informasi lebih banyak seputar hotel di berbagai kota. Ujung-ujungnya, Anda akan semakin sering mengakses situs online travel agent (OTA) untuk memudahkan proses booking tiket pesawat dan reservasi kamar hotel. Masalah selanjutnya yang mungkin timbul adalah bagaimana cara menentukan OTA pilihan yang akan menjadi andalan Anda?

Sudah tentu harga menjadi pertimbangan utama dalam melakukan pemilihan ini. Anda pasti akan mencari OTA yang terbukti memberikan penawaran terbaik dan termurah untuk perjalanan Anda.

Saatnya melakukan riset kecil-kecilan dengan merambah (browsing) sana-sini, membandingkan harga dari berbagai sumber atau juga membaca ulasan pengguna. Jangan heran jika kemudian hasil riset tersebut membawa Anda pada situs Traveloka, OTA lokal terbesar di Tanah Air. Di usianya yang baru menjelang tiga tahun, OTA ini menjadi satu-satunya yang berani memberikan Best Price Guarantee di Indonesia.

Traveloka, dalam keterangannya yang diterima, Jumat, menyatakan, tak sekadar memastikan harga tiket pesawat dan kamar hotel yang ditawarkannya adalah yang termurah. Namun, OTA ini juga menampilkan harga yang jujur sehingga Anda tak akan mengalami pembengkakan harga di belakang, seperti yang sering terjadi dalam dunia travel online.

Harga yang pertama Anda baca di layar situs Traveloka saat melakukan pemesanan merupakan harga keseluruhan yang akan Anda bayar, alias harga final. Selain itu, Traveloka juga tidak memungut biaya untuk jasa transaksi dan tidak memiliki biaya terselubung yang tiba-tiba muncul di tagihan pembayaran Anda.

Best Price Guarantee sendiri berarti bahwa Traveloka bersedia memberikan penggantian selisih harga apabila Anda menemukan harga tiket pesawat atau kamar hotel yang sama lebih murah di situs lain. Anda bisa mendapatkan penggantian selisih harga tersebut dalam nominal Rp20.000–Rp200.000. Penggantian akan diberikan dalam bentuk kupon diskon yang bisa Anda gunakan pada transaksi pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel berikutnya di Traveloka.

Proses klaimnya pun terbilang sangat mudah dan cepat. Tidak ada prosedur berbelit yang menyulitkan atau merugikan konsumen. Mulai dari proses klaim sampai terbitnya kupon diskon, penggantian selisih harga bisa diselesaikan tanpa harus menunggu hari berganti.

Cara klaim

Apabila suatu saat Anda telah melakukan pemesanan tiket pesawat/hotel di Traveloka, namun menemukan harga lebih murah untuk produk yang sama di situs lain, maka inilah yang harus Anda lakukan:

Log in pada akun Traveloka Anda. Pastikan Anda sudah mendaftar sebagai member Traveloka jika ingin melakukan klaim. Tenang saja, proses registrasinya sangat mudah. Selain itu, menjadi member Traveloka akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda, contohnya jadi yang pertama mendapatkan informasi terbaru seputar promo penerbangan dan hotel.

*  Masuk ke “Akun Saya”.

*  Pilih menu “Best Price Guarantee” lalu tentukan pemesanan/transaksi mana yang ingin Anda klaim.

*  Isi formulir Best Price Guarantee yang telah tersedia.

*  Kirim ke Traveloka sesuai dengan petunjuk yang tampil di layar.

*  Duduk manis, nikmati camilan dan hiburan Anda selagi menunggu kupon diskon terbit sebagai bukti klaim Anda berhasil. (ADV)

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2015