Jakarta (ANTARA News) – Kyah Simon akhirnya membobol pertahanan rapat Brasil di Kanada untuk mengantarkan Australia menang 1-0 dari tim Amerika Selatan itu, dan ini adalah kemenangan pertama negeri itu dalam babak knockout Piala Dunia FIFA.

Gol Simon ini adalah gol pertama yang bersarang ke gawang Brasil dalam empat jam laga mereka di Kanada 2015. Formiga membentur tiang gawang, namun kedua tim memang hanya sedikit menciptakan peluang pada pertandingan seru di Moncton ini.

Australia membua peluang gol pada babak pertama ketika sepak pojok Emily van Egmond mengarah kepada Samantha Kerr yang melepaskan tendangan voli, namun masih melebar dari gawang Brasil yang dijaga  Luciana.

Formiga menciptakan peluang terbaik Brasil pada awal babak kedua setelah mengolak bola dari luar kotak penalti tim Matilda (julukan Australia), tetapi tendangannya bisa ditepis baik oleh kiper Lydia Williams.

Marta mengkreasi peluang berikutnya Brasil namun lagi-lagi Williams menjaga dengan baik gawangnya. Williams kembali cemerlang saat menghalau sundulan Formiga.

Matilda terus membuat peluang ketika Lisa De Vanna mengecoh Van Egmond, namun tembakannya membentur ke belakang gawang.

De Vanna memainkan peran penting Matilda yang akhirnya memecah kebuntuan hanya sepuluh menit menjelang bubaran.

Satu aransemen menawan dari pemain pengganti Katrina Gorry berakhir pada umpan yang mengecoh pertahanan lawan dan ditujukan kepada sang kapten Australian, De Vanna. Namun tembakamnnya dimentahkan Luciana untuk kemudian jatuh ke hadapan Simon yang dengan dingin diceploskannya menjadi gol yang bersejarah itu, demikian laman resmi Piala Dunia Wanita 2015 FIFA.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015