EQUITY WORLD FUTURES – Setelah menetapkan visi perusahaan dan merancang konsep untuk meraih tujuan besar tersebut, yang selanjutnya harus dilakukan adalah memperoleh komitmen dalam kerjasama tim untuk memastikan terus berlangsungnya usaha bahu-membahu demi terwujudnya tujuan. Komitmen atau tekad ini akan menjadi “bahan bakar” untuk terus berusaha walaupun menemui banyak rintangan dan halangan.

Bila Anda adalah pimpinan dalam perusahaan, berikut ini adalah usaha untuk mendapatkan komitmen dari anggota tim Anda.

  • Pastikan seluruh anggota tim mempunyai visi yang sama dengan pelaksana organisasi Anda

Dalam perusahaan, para pelaksana yang dimaksud adalah para manajer dalam berbagai bidang. Yakinkan mereka untuk menerima visi tim dan implementasikan visi tersebut dalam rencana khusus yang membuat mereka bekerja dalam tim dengan atmosfer yang menyenangkan dan menantang. Komunikasikan visi Anda sejelas mungkin secara sederhana sehingga para pelaksana organisasi mengetahui dengan pasti manfaat yang bisa dipetik dari visi Anda tersebut.

  • Menyentuh pekerja biasa

Ujung tombak yang sebenarnya dalam kerjasama tim adalah para pegawai dan karyawan biasa dalam perusahaan. Jika Anda sudah berhasil memenangkan para manajer, maka tugas Anda berikutnya adalah berusaha dekat dengan orang-orang di bawah mereka. Dengarkan dan hargai mereka, maka Anda akan memperoleh kelompok pekerja yang cakap, rela bekerja keras, dan loyal.

  • Menciptakan rasa ikut memiliki

Cara untuk menciptakan rasa turut memiliki adalah melibatkan semua unsur dalam perusahaan sebagai bagian dari visi Anda. Mintalah pendapat para karyawan dan jangan ragu untuk merealisasikannya jika hal itu akan membuat perbaikan. Perasaan senasib dan sepenanggungan akan membuat semua komponen dalam perusahaan akan meningkatkan kinerjanya dalam kerjasama tim demi masa depan yang lebih cerah.

  • Beri gambaran tentang manfaat keberhasilan

Berilah gambaran yang jelas kepada anak buah Anda dalam tim tentang manfaat yang bisa diperoleh jika visi Anda mendapat kesuksesan. Pastikan semua orang mendapat reward sesuai dengan kontribusi mereka dalam meraih tujuan. Imbalan akan membuat anggota tim Anda fokus dan berkomitmen untuk mencapai keberhasilan.

  • Mendelegasikan tugas dengan tepat

Agar tim bekerja lebih efektif, seorang pemimpin harus menguasai cara mendelegasikan tugas kepada tiap anggota tim dan mengkoordinirnya. Pastikan setiap komponen dalam tim mengetahui secara pasti apa peran dan kontribusi mereka bagi perusahaan. Kejelasan tugas tersebut akan membangun kepercayaan diri mereka karena mereka tahu apa yang harus dilakukan.

  • Jelaskan konsekuensi yang harus dihadapi

Jika ingin meraih kesuksesan tentu ada harga yang harus dibayar yaitu bekerja keras dan dapat mengatasi semua rintangan. Jelaskan gambaran tersebut pada tim Anda agar kerjasama tim bisa berlangsung efisien dengan seluruh anggota bahu-membahu untuk mewujudkan tujuan bersama. Selain menjelaskan konsekuensinya, janjikan juga imbalan yang akan mereka dapatkan jika kesuksesan bisa diraih. Hal ini akan menumbuhkan motivasi dan komitmen dari anggota tim Anda.

  • Tunjukkan partisipasi

Selain memberikan motivasi dan mendorong anggota tim untuk bekerja keras demi keberhasilan visi perusahaan, tunjukkan juga bahwa Anda adalah bagian dari tim yang juga turut bekerja bahu-membahu bersama mereka. Hindari sikap eksklusif atau menjaga jarak dengan para pekerja, sebaliknya ciptakan suasana kerja yang akrab dan kekeluargaan sehingga suasana kerja yang menyenangkan bisa terwujud.

Kerelaan untuk berkomitmen merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dimiliki semua unsur dalam kerjasama tim di perusahaan untuk memperoleh keberhasilan. Visi semulia apa pun dan konsep sebaik apa pun tidak akan terealisasi jika tidak ada tekad kuat untuk terus bekerja hingga tujuan dapat terwujud.