Melbourne (ANTARA News) – Uzbekistan, pada Minggu, mengalahkan Saudi Arabia dengan hasil skor 3-1 berkat dua gol Sardor Rashidov dan satu dari Vokhid Shodiev yang membuat mereka melenggang ke perempat final Piala Asia 2015.

Serangan dari gelandang Sardor Rashidov, satu dari lima pemain yang diturunkan untuk lineup pertama setelah Uzbekistan kalah dari Tiongkok, berhasil mencetak dua gol, bahkan pemain cadangan mereka, Vokhid Shodiyev, juga menjaring satu gol.

Rashidov mencetak gol pembuka Uzbekistan pada menit ke dua lewat tembakan yang melampaui kaki kiper Waleed Abdullah Saudi.

Saudi Arabia yang hanya butuh seri untuk lolos, menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat Mohammed Al-Sahlawi berhasil mengeksekusi pinalti di menit ke-60 meski tendangan tersebut dapat terbaca oleh Ignatiy Nesterov.

Usai istirahat, Shodiev yang datang dari bangku cadangan kembali memimpin White Wolves di menit ke-72 lewat gol sundulan.

Gol kedua dari Rashidov pada menit ke-79 menjadi hasil akhir dari pertandingan yang berlangsung di AAMI Park ini sehingga membuat Green Falcons terpaksa pulang dan Uzbekistan lolos ke babak perempat final menyusul Tiongkok yang lebih dahulu menang atas Korea Utara.

Uzbekistan sebagai runner up Grup B, selanjutnya akan menghadapi pemenang Grup A Korea Selatan (Korsel) di Melbourne, Kamis.

Sementara itu, Tiongkok yang menduduki posisi puncak klasemen Grup B dengan tiga kemenangan, menghadapi tuan rumah Australia di Brisbane pada malam yang sama.

Tiongkok pun yakin menempatkan tim mereka di posisi teratas setelah menghabisi Saudi Arabia dan Uzbekistan sehingga mereka sukses menuntaskan babak penyisihan grup dengan kemenangan 2-1 atas Korea Utara di Canberra.

Pelatih Tiongkok, Alain Perrin, pun memilih untuk tidak mengistirahatkan semua pemain terbaiknya guna menjaga momentum tim, demikian mengutip laporan Reuters dan AFP.

(/M053/D011)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2015