Van Persie bawa MU tekuk Southampton 2-1

Jakarta (ANTARA News) – Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu setengah musim, Manchester United mencapai lagi peringkat tiga klasemen Liga Utama Inggris setelah menekuk tuan rumah Southampton 2-1 di Stadion St Mary’s  Selasa pagi WIB ini berkat dua gol Robin van Persie.

Ini adalah kemenangan kelima berturut-turut United, sebaliknya merupakan kekalahan ketiga beruntun Southampton.

Pada menit 12, barisan belakang Southampton melakukan kesalahan ketika bek Jose Fonte tidak sengaja memberikan bola kepada Robin van Persie. Striker Belanda ini lalu menunggu kiper Fraser Forster keluar dari sarangnya untuk kemudian mengarahkan bola di antara kedua kaki sang kiper untuk menciptakan gol. 1-0 untuk United.

Southampton tersentak dan terus menekan, sebaliknya United bernasib sial pada menit 18 ketika bek Chris Smalling harus keluar lapangan lebih cepat karena cedera, untuk kemudian digantikan Jonny Evans.

Akhirnya pada menit 31, Southampton menyamakan kedudukan dengan skenario gol sama dengan United saat Marounae Felliani kehilangan bola di daerah pertahanannya sendiri untuk dicuri Steven Davis. United sempat merasa mereka bisa menghalau bola namun malah itu jatuh ke kaki Graziano Pelle yang mengakhiri paceklik golnya lewat tendangan dari jarak sekitar 10 meter.

Southampton terus menekan dan mendominasi penguasaan bola serta penciptakan peluang, sementara United kembali mengganti pemain pada menit 39 ketika Ander Herrera masuk menggantikan bek muda Paddy McNair.

Memasuki babak kedua, tuan rumah tetap mendominasi permainan dan pada menit 53 hampir menciptakan gol ketika Shane Long masuk kotak penalti tanpa kawalan untuk menerima umpan Dusan Tadic yang kemudian diakhirnya dengan tendangan namun secara gemilang dipatahkan penjaga gawang United David De Gea.

Tuan rumah tak mengentikan tekanan, sebaliknya United bertahan dengan rapat dan memanfaatkan sekecil apa pun peluang untuk mencuri poin penuh dari tuan rumah.  Van Gaal sendiri mengubah formasi permainan dari 5-3-2 menjadi 4-4-2.

Hasilnya pada menit 71, Robin van Persie menciptakan gol keduanya yang diawali set piece Wayne Rooney menyusul sebuah pelanggaran.  Rooney mengirim bola langsung ke kotak penalti untuk disambut van Persie.

Ini adalah peluang gol kedua United dalam laga ini yang dimaanfatkan betul menjadi gol oleh Setan Merah, melawan tuan rumah yang sesungguhnya melampaui mereka dalam penguasaan bola dan penciptaan peluang gol.

Southampton hampir menyamakan kedudukan pada menit 78 ketika percobaan gol Graziano Pele dihalau de Gea dengan penyelamatan gemilang lewat terbang menjatuhkan badannya.

Meskipun Southampton mengganti dua pemainnya, salah satunya menarik Shane Long dengan Emmanuel Mayuka, langkah itu tidak menolong tim, dengan tetap kalah 1-2 dari United.

Kemenangan United yang pada menit-menit terakhir menarik Juan Mata untuk digantikan Darren Fletcher ini mengerek Setan Merah ke posisi tiga klasemen Liga Utama Inggris dengan meraih 28 poin atau masing-masing terpaut lima poin dari peringkat kedua Manchester City dan delapan poin dari pemuncak klasemen Chelsea.

Susunan pemain kedua tim seperti dikutip ESPN.com:

Southampton: Fraser Forster, Nathaniel Clyne, Maya Yoshida, Jose Fonte, Ryan Bertrand, Shane Long (Emmanuel Mayuka), Steven Davis, Sadio Mane, Dusan Tadic (Jake Hesketh), Victor Wanyama, Graziano Pelle

Manchester United
: David De Gea, Marcos Rojo, Chris Smalling (Jonathan Evans), Patrick McNair (Ander Herrera), Juan Mata, Michael Carrick, Ashley Young, Antonio Valencia, Marouane Fellaini, Wayne Rooney, Robin van Persie

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2014