Sungailiat (ANTARA News) – Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah mengajak seluruh warganya untuk kembali ke nilai luhur bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan saat menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila di Sungailiat, Kamis.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan pemaknaan nilai-nilai kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda,” katanya.

Menurut dia, generasi muda tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya.

“Di tengah terpaan pengaruh kekuatan global, kita seharusnya menguatkan dan melengkapi diri agar tidak terjerembab ke dalam lika-liku zaman yang terus berkembang, salah satunya adalah dengan menggali kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” ujarnya.

Menurut wabup, nilai-nilai itulah yang kemudian dimaknai sebagai energi untuk membangun kembali jati diri bangsa. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.

“Pancasila adalah dasar negara. Pancasila adalah asas tunggal dan menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia, termasuk kehidupan berpolitik. Karena itu, partai politik sebagai salah satu infrastruktur politik dan segala sesuatu yang hadir dan lahir di negara ini harus tunduk dan taat pada Pancasila,” ujarnya.

Melalui peringatan hari kesaktian Pancasila, wabup mengajak seluruh komponen masyarakat agar lebih bersemangat membangun bangsa dan bernegara sesuai dengan kemampuannya berdasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015