Wali Kota Makassar undang investor asing kerjakan mega proyek

Makassar (ANTARA News) – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada pertemuan Wali Kota Perserikatan (ASEAN Mayors Forum/AMF) menyatakan kesiapan Makassar dalam membuka peluang bagi para investor asing yang ingin mengerjakan sejumlah mega proyek.

“Makassar terbuka dengan semua investor baik lokal, nasional maupun asing. Makassar saat ini sedang berbenah dan giat-giatnya dalam membangun kota demi mewujudkan Makassar kota dunia yang nyaman untuk semua,” ujar Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa.

Dalam sesi diskusi yang bertajuk Makassar Investment Forum (MIF) itu hadir sebagai Conference Leader Managing Partner HD Asia Advisory, Bernardus Djonoputro. Speaker and moderator Hermanto Dardak, Head of Regional Infrastructure Development Agency – Ministry of Public Work and Housing Andre Permana.

Senior Vice President of Risk and Compliance (RAC), Indonesia Infrastructure Guarantee Fund (IIGF)/PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Harold Tjiptadjaja, Managing Director, Chief Investment Officer-Domestic Client Edward Gustely, Co – Founder and Managing Director of Penida Capital Advisors Ltd Dewi Sri Umi.

Hermanto Dardak memaparkan Strategi Investasi Infrastruktur yang mencakup pembangunan Trans Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar (Mamminasata), pembangunan jalan sepanjang 40 kilometer (km) dengan kebutuhan investasi Rp3,4 trilliun.

Kemudian Pembangunan Pelabuhan Makassar dengan luas lebih dari 400.000 TEuS. Pembangunan jalur rel kereta api Makassar-Pare-pare untuk tahap awal. Pembangunan Makasar Industrial Park, Center Point of Indonesia (CPI), dan Research University.

“Kami memiliki delapan strategi investasi dalam pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan dan Makassar punya rencana jangka panjang,” ujar Hermanto Dardak.

Diketahui, Makassar membuka empat peluang investasi dalam MIF dengan total kebutuhan investasi sebesar 2,35 miliar dolar Amerika Serikat.

Besarnya dana itu kata wali kota sudah diperhitungkan untuk membangun perluasan Pelabuhan Makassar, Pembuangan 40 km jalan tol serta pembangunan infrastruktur lainnya.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2015