Equityworld Futures – Saham-saham di Wall Street menguat lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), bergabung dengan reli sebagian besar pasar ekuitas global setelah kenaikan di pasar saham Tiongkok dan data ekonomi zona euro membaik.

Dow Jones Industrial Average naik 390,30 poin (2,42 persen) menjadi ditutup pada 16.492,68, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 melonjak 48,19 poin (2,51 persen) menjadi berakhir di 1.969,41, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 128,01 poin (2,73 persen) menjadi 4.811,93.

Keuntungan mengikuti kenaikan 2,9 persen Indeks Shanghai Tiongkok yang bergejolak dan revisi naik pada angka pertumbuhan ekonomi kuartal kedua zona euro menjadi 0,4 persen dari 0,3 persen.

Kemajuan Wall Street juga membantu mengimbangi kerugian mendalam pekan lalu ketika ketakutan atas Tiongkok menyebabkan penurunan 3,4 persen di S&P 500. Pasar saham AS ditutup pada Senin untuk libur Hari Buruh.

“Pasar sangat oversold setelah minggu lalu, karena itu kami mungkin bangkit,” kata Bill Lynch, direktur investasi Hinsdale Associates.

Anggota Dow Apple bertambah 2,7 persen menjelang perkiraan peluncuran iPhone yang dimutakhirkan dan perubahahan Apple TV pada Rabu, yang mungkin menandakan dukungan ke televisi streaming dalam jaringan.

General Electric, komponen Dow lainnya, melonjak 4,0 persen karena berita Uni Eropa dan regulator AS menyetujui akuisisi aset-aset energi perusahaan Prancis Alstom. GE mengatakan kesepakatan itu bernilai sekitar 9,5 miliar dolar AS menyusul divestasi untuk mengatasi masalah antitrust dan perubahan transaksi lainnya.

Semua 30 anggota Dow berakhir lebih tinggi dengan keuntungan terkuat dicetak oleh Wal-Mart Stores yang melonjak 3,9 persen, Intel melompat 3,4 persen dan Pfizer menguat 3,7 persen.

Sektor lainnya yang menguat termasuk perbankan dengan Wells Fargo bertambah 3,2 persen dan Bank of America naik 3,3 persen serta perusahaan biotek seperti Amgen melonjak 5,1 persen dan Celgene naik tajam 4,8 persen.

Namun perusahaan video streaming Netflix jatuh untuk sesi ketujuh, merosot 3,9 persen.

Blackstone naik 5,2 persen setelah mencapai kesepakatan enam miliar dolar AS untuk mengakuisisi raksasa properti mewah Strategic Hotels & Resorts, naik 3,5 persen.

Perusahaan media dan penerbitan Meredith Corporation naik 9,9 persen didorong berita akan diakuisisi oleh Media General untuk sekitar 2,4 miliar dolar AS. Saham Media General jatuh 6,0 persen.

Saham Concordia Healthcare anjlok 11,1 persen karena berita pihaknya akan mengakuisisi perusahaan farmasi Amdipharm Mercury Limited senilai 3,5 miliar dolar AS.

Harga obligasi jatuh. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 2,19 persen dari 2,13 persen pada Jumat, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 2,97 persen dari 2,89 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak berlawanan arah. – Equity world Futures