New York, (ANTARA News) – Wakil Presidem M Jusuf Kalla menyambut baik pidato Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dalam sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa yang dinilainya sudah mulai realistis terkait perdamaian dunia.

“Bagus pidato Presiden Obama, sekarang sudah sangat realistis dengan mengajak kerjasama negara-negara seluruh dunia untuk menjaga perdamaian,” kata Wapres M Jusuf Kalla di markas beasr PBB New York, Amerika Serikat, Senin.

Wapres M Jusuf Kalla didampingi Menlu Retno Marsudi dan dubes/wakil tetap RI untuk PBB Desca Percaya menghadiri Sidang Majelis Umum ke-70 PBB.

Lebih lanjut Wapres menjelaskan melihat pengalaman Amerika Serikat selama ini, walaupun memiliki senjata dan dana yang besar tetapi tidak bisa mewujudkan perdamaian sendirian.

“Inti pokoknya ingin ada perdamaian dunia,” kata Wapres.

Sebelumnya dalam pidatonya Presiden Barrack Obama mengimbau semua negara di dunia menghindari perang dan konflik. Sementara menyangkut persoalan Suriah, Obama mengatakan jalur diplomasi diperlukan untuk mencapai perdamaian bagi rakyat Suriah.

Obama juga menyarankan adanya masa transisi menjelang perggantian Presiden Suriah Bashar al-Assad.

“Kalau soal Suriah, itu soal politik, tetapi intinya (AS dan Rusia) sama-sama ingin menyelesaikan terorisme,” kata Wapres.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2015