Equityworld Futures – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) saat ini tengah berfokus dan ingin terus memperkuat bisnis di sektor properti lewat anak usahanya yang bernama PT Wika Realty. Pada tahun ini saja, anak usaha emiten konstruksi tersebut sudah banyak menambah lahan untuk nantinya bisa dimanfaatkan lewat proses akuisisi atau melakukan kerjasama dengan pihak lain.

WIKA REALTY

 

Direktur Pengembangan dan Pemasaran PT Wika Realty, Widyo Praseno menjelaskan, pihak perusahaan kini masih berupaya untuk terus melakukan kerjasama dan akan melakukan akuisisi agar tahun ini portofolio perusahaan bisa meningkat. Selain itu, ia menjelaskan bahwa anak usaha dari emiten berkode WIKA tersebut juga telah melakukan perjanjian untuk merealisasikan proyek mendatang serta ingin melaksanakan akuisisi.

Tingkatkan Performa Perseroan Dengan Kerjasama Dan Akuisisi

Agar dapat meningkatkan performa serta kinerja perseroan, Wika Realty saat ini berencana akan mengambil alih kepemilikan atas lahan seluas 10.4 hektare (ha). Mekanismenya yaitu Wika Realty akan melakukan kerjasama untuk mulai menggarap apartemen di lahan yang memiliki luas sebesar 1.5 hektare (ha) di Bandung.

Selain itu, Wika Realty juga sedang memproses agar akuisisi saham kepemilikan sebesar 51 persen dari perusahaan Build-Operate-Transfer (BOT) pasar Bendungan Hilir yang berdiri diatas lahan seluas 1.8 ha bisa berhasil. Proses akuisisi tersebut sudah berjalan dari tahun 2015 lalu dan diprediksi akan selesai pada bulan Agustus tahun ini. Rencananya, lahan seluas 1.8 tersebut akan diubah menjadi sebuah pusat belanja, Life Style, Hotel dan bahkan perkantoran.

Tidak hanya akuisisi pada lahan tersebut, perseroan Wika Realty juga berniat akan memperoleh kepemilikan dari lahan seluas 6 ha di Jakarta untuk dikembangkan jadi kawasan mix use. Oleh karena nilai proyek tersebut sangat besar, maka anak usaha WIKA ini mencari dua investor saham lain.

Disamping hal tersebut, agar struktur keuangan perusahaan tetap terjaga maka Wika Realty akan mengajak kerjasama dengan pihak lain. Wika Realty akan tetap berupaya mencari pihak yang tepat untuk diajak kerjasama dalam melakukan ekspansi bisnis supaya keadaan serta kestabilan dari struktur keuangan tetap sehat dan beban utang tidak bertambah banyak. – Equity world Futures