Equityworld Futures – Menurut estimasi dari Eurostat, inflasi Zona Euro untuk bulan Juni sedikit naik menjadi 0.1 persen tahun ke tahun, meningkat dari minus 0.1 persen pada bulan Mei. Sementara itu, inflasi inti Zona Euro juga meninggi, yakni mencapai level 0.9 persen. Kedua data tersebut lebih tinggi daripada ekspektasi.

euro

CPI Zona Euro terbilang masih berada jauh di bawah target 2 persen yang dipatok oleh Bank Sentral Eropa (ECB) sejak bulan Maret tahun 2013dan di bawah level 1 persen yang dipasang sejak bulan November tahun 2013, meskpun pada Oktober 2013, indeks harga konsumen Zona Euro pernah mencapai angka 1.1 persen.

EUR/USD diperdagangkan flat pada kisaran 1.1120 setelah laporan Kamis ini (30/Juni), namun yang lebih penting, angka tersebut berada di atas moving average 200-day yang dianggap krusial oleh analis WBPOnline. Itu artinya, kenaikan yang lebih jauh masih mungkin terjadi dalam jangka pendek.

Pengangguran Jerman

Siang tadi, Jerman juga melaporkan data penganggurannya yang masih bertengger di angka 6.1 persen pada bulan Juni. Jumlah pengangguran di negara ekonomi terbesar Zona Euro itu kembali merosot dalam semester pertama tahun ini sebanyak 6,000 orang, dari kemerosotan 11,000 orang di bulan sebelumnya.

Di samping itu, risalah rapat kebijakan ECB dari rapat terakhirnya juga kan dirilis hari ini. Pada rapat di awal bulan lalu, ECB tetap mempertahankan kebijakan moneternya dengan tidak mengubah suku bunga utama di level 0.0 persen.

Menurut analis Bank of Tokyo-Mitsubishi yang dirangkum oleh WBPOnline, ECB diperkirakan masih bisa menambah program pelonggaran stimulusnya yang akan berakhir pada bulan Maret tahun depan. Kendati demikian, ECB tampak tidak akan terburu-buru untuk mengumumkan tambahan pelonggaran lebih lagi.

Menurut analisa dari Kathy Lien, Direktur BK Asset Management, ketidakpastian yang masih membayangi Inggris dalam meninggalkan Uni Eropa, tampak berlarut-larut. Oleh sebab itu, tidak terlihat adanya dukungan fundamental untuk pergerakan-pergerakan mata uang dalam jangka pendek nanti. Berhembus kabar dimanakeputusan Brexit bisa dibatalkan dan hal ini akan menambah lama ketidakpastian ekonomi global, utamanya Eropa. – Equity world Futures

Inflasi Zona Euro