Pesawat tanpa awak AS dijatuhkan karena mata-matai Suriah

Pesawat tanpa awak AS dijatuhkan karena mata-matai Suriah

Damsyik (ANTARA News) – Tentara Suriah menjatuhkan pesawat nirawak Amerika Serikat di bagian barat negara itu karena memata-matai daerah bebas kelompok teroris di Irak dan Suriah, kata sumber tentara pada Rabu.

“Apakah pesawat nirawak itu datang ke wilayah Suriah hanya untuk pesiar?” kata sebuah sumber yang meminta identitasnya tidak diungkapkan.

“Begitu memasuki wilayah udara Suriah, kami menganggapnya mengumpulkan keterangan keamanan dan ketentaraan tentang wilayah Suriah,” katanya kepada AFP.

Sumber itu menyatakan pesawat tersebut tidak segera diketahui sebagai milik Amerika Serikat, tapi ditangani sebagai sasaran bermusuhan.

Pertahanan udara Suriah menembak jatuh pesawat itu di atas propinsi pesisir Latakia, kubu Presiden Bashar Assad, kata media pemerintah pada Selasa.

Tentara Amerika Serikat memastikan kehilangan hubungan dengan pesawat nirawak tak bersenjata Predator pada Selasa di atas Suriah baratlaut dan mempelajari pernyataan bahwa pesawat itu dijatuhkan.

Persekutuan pimpinan Amerika Serikat melakukan serangan udara terhadap teroris di Suriah sejak September, tapi tentara Suriah menyatakan pesawat nirawak itu tidak tampak sebagai bagian dari upaya itu.

“Pesawat itu masuk daerah tempat Daesh tidak hadir,” kata sumber tentara, dengan menggunakan singkatan bahasa Arab kelompok tersebut.

Ia menyatakan penyelidikan sedang berlangsung, tapi pesawat itu mungkin memasuki Suriah dari Turki.

Kelompok pemantau Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah menyatakan pesawat nirawak itu ditembak jatuh di Al-Maqata, desa di dekat ibukota propinsi, Latakia.

“Tidak ada pasukan lawan atau kelompok jihad di mana pun di daerah itu, tapi ada kehadiran besar pasukan penguasa,” kata kepala pengamat tersebut, Rami Abdel Rahman.

Damsyik menyatakan diberi peringatan lebih dulu sebelum sekutu memulai serangan dan Menteri Luar Negeri Walid Muallem pada tahun lalu menyatakan Washington berjanji bahwa penyerangan mereka tidak akan memukul tentara Suriah.

Serangan di Suriah sebagian besar dipusatkan di propinsi Aleppo dan Raqa, kubu pertahanan kelompok teroris di Irak dan Suriah.

(Uu.B002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2015

ewf samarinda