PT Equityworld Futures : Harga Emas Kembali Naik, Kali Pertama Dekati $1.800 sejak Februari

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kembali Naik, Kali Pertama Dekati $1.800 sejak Februari

Equityworld Futures – Harga emas naik dan logam kuning ini hampir menyentuh $1.800 per ons pada perdagangan seiring posisi buyer long logam kuning melakukan upaya paling serius sejak Februari untuk kembali ke level kunci guna merebut kembali harga tertinggi tahun lalu.

Harga emas berjangka di Comex New York bergerak di level $1.798,25 sebelum menyelesaikan sesi Rabu di $1.793,10, naik $14,70 atau 0,8%. Emas Comex mencapai puncak $1.805 pada 25 Februari.

Harga emas spot naik setinggi $1.797,24. Pergerakan emas spot merupakan bagian integral dari pengelola dana, yang terkadang lebih mengandalkannya daripada kontrak berjangka untuk menentukan arah.

Harga emas berjangka naik 0,20% ke $1.796,75 per troy ons dan XAU/USD naik 0,17% di 1.796,83 menurut data Investing.com.

Emas tertekan di awal tahun dalam aksi jual yang membawanya ke level terendah 11 bulan di $1.673,30 di Comex pada awal Maret.

Tetapi tampaknya telah menangkap tren naik sekarang, diperkuat oleh kekhawatiran baru atas inflasi dan risiko geopolitik. Kedua elemen tersebut hampir meninggalkan emas setelah kontrak berjangka mencapai level rekor tertinggi $2.089 per ons pada awal Agustus, dan mereka tetap absen hingga awal bulan ini karena optimisme terhadap pembukaan kembali dari tindakan penguncian Covid-19 terus berlanjut.

“Penghalang emas berikutnya adalah level $1.800; begitu harga mencapai level itu, para trader momentum dapat naik gelombang ini menuju level $1.850,”

Kenaikan terjadi meskipun imbal hasil obligasi AS dan dolar cukup tangguh, yang biasanya akan menjadi bearish untuk emas.

Imbal hasil obligasi AS, diukur dengan obligasi tenor 10 tahun, mencapai sesi tertinggi 1,59%, dibandingkan penutupan hari Selasa sebesar 1,56%. Yield obligasi 10 tahun berada di level tertinggi 14 bulan di 1,77% pada 30 Maret.

Indeks dolar AS, yang menempatkan greenback terhadap euro dan lima mata uang utama lainnya, berada di 91,13, turun 0,1% pada hari itu.

Emas telah kembali ke lintasan naik karena aliran safe-haven kembali ke logam mulia di tengah kekhawatiran gejolak baru Covid-19 di negara ekonomi utama India dan Jepang serta meningkatnya risiko terhadap prospek AS, sementara imbal hasil obligasi tampak berlabuh tenang.

“Prospek emas menjadi sangat bullish karena terlalu banyak risiko yang meresap secara global,”

“Posisi pasar di seluruh ekuitas dan pendapatan tetap dapat menyebabkan arus masuk yang besar untuk emas batangan. Bahkan di AS, seruan untuk berhati-hati tumbuh untuk ekuitas AS karena beberapa analis mengincar potensi penurunan 10%.”

Equityworld Futures