PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Turun Imbas Penguatan Dolar & Yield Obligasi AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Turun Imbas Penguatan Dolar & Yield Obligasi AS
PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Turun Imbas Penguatan Dolar & Yield Obligasi AS

Equityworld Futures – Harga emas kian turun akibat penguatan dolar AS dan kenaikan imbal hasil AS menekan logam kuning. Investor juga menunggu data penting inflasi AS yang akan dirilis sesi hari ini.

Harga emas berjangka kian turun 0,30% ke $1.890,10 per troy ons setelah melampaui level $1.900 pada hari Kamis. Dolar AS, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan emas, masih beranjak naik 0,15% ke 90,093 dan patokan imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun terus menguat 0,50% ke 1,618 pukul 13.29 WIB.

Emas telah naik 0,39% sejauh ini selama seminggu terakhir dan berada di jalur untuk mencatatkan kenaikan mingguan keempat berturut-turut.

Data yang dirilis di AS pada hari Kamis menjelaskan 406.000 klaim pengangguran awal diajukan sepanjang minggu. Data tersebut mencapai titik terendah dalam 14 bulan setelah jumlah PHK berkurang.

PDB AS meningkat sebesar 6,4% kuartal ke kuartal selama kuartal pertama 2021, sedikit di bawah pertumbuhan 6,5% menurut perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com tetapi pertumbuhan yang sama seperti kuartal sebelumnya.

Namun, Presiden Federal Reserve AS Dallas Robert Kaplan mengingatkan pasar tenaga kerja lebih ketat daripada yang disarankan oleh tingkat pekerjaan. Rekan Kaplan di bank sentral telah meremehkan dampak kenaikan inflasi dalam komentar yang dibuat sepanjang minggu dan berjanji untuk mempertahankan kebijakan moneter yang dovish untuk beberapa waktu.

Investor sekarang menunggu Core Personal Consumption Expenditure Price Index untuk bulan April, yang akan dirilis hari ini, untuk mengukur tekanan inflasi.

Di Asia, tingkat pengangguran Jepang naik dan ketersediaan pekerjaan turun di bulan April, menurut rasio lamaran/pekerjaan yang dirilis sebelumnya. Rasionya terbaca 1,09, sedikit di bawah angka 1,10 dari kedua perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com dan pembacaan bulan Maret.

Negara sakura juga akan memperpanjang status keadaan darurat untuk Tokyo dan kota-kota utama lainnya hingga 20 Juni.

Pada logam mulia lainnya, palladium turun tipis 0,03% di 2.810,00, perak makin turun 0,66% ke 27,755 dan platinum juga turun 0,21% ke 1.180,10.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) stabil di level Rp962.000 pada pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures

ewf samarinda