PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Turun, Pasar Tunggu Data Ekonomi AS Terkait Inflasi

PT Equityworld Futures : Harga Emas Kian Turun, Pasar Tunggu Data Ekonomi AS Terkait Inflasi

Equityworld Futures – Harga emas turun di Asia dan investor menunggu pengumuman data ekonomi AS untuk mengukur tekanan inflasi lebih lanjut. Penguatan dolar AS juga mengurangi daya tarik logam kuning.

Harga emas berjangka kian turun 0,52% di $1.774,10 per troy ons. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, naik tipis 0,03% di 91,817.

Investor juga mencerna komentar terbaru dari pejabat Federal Reserve AS. Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan ekonomi kemungkinan akan memenuhi ambang batas Fed untuk tapering lebih awal dari yang diharapkan, setelah sebelumnya memprediksi kenaikan suku bunga pada tahun 2022. Namun, rekannya di Fed Atlanta, Raphael Bostic, menyatakan The Fed bisa memperlambat proses tersebut selama beberapa bulan ke depan.

The Fed baru-baru ini berusaha menenangkan kekhawatiran investor setelah mengumumkan keputusan kebijakan hawkish yang tidak terduga selama minggu lalu. Para pejabat, termasuk Ketua Fed Jerome Powell, menekankan bahwa bank sentral akan mempertahankan kebijakan moneter yang longgar, tetapi telah menambahkan bahwa penarikan dukungan darurat secara bertahap dapat terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Meskipun emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi, kenaikan suku bunga Fed akan meningkatkan biaya peluang untuk memilikinya.

Seputar data,indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) AS lebih baik dari perkiraan 62,6 pada bulan Juni, sedangkan PMI jasa angkanya lebih rendah dari yang diharapkan di 64,8.

Data AS lebih lanjut, termasuk pesanan barang tahan lama inti untuk bulan Mei, PDB untuk kuartal pertama dan klaim pengangguran awal, akan dirilis di kemudian hari.

The Fed juga akan merilis hasil dari tes stres bank terbaru.

Di seberang Atlantik, Bank of England (BOE) juga akan memberikan keputusan kebijakannya hari ini. Data zona euro mengungkapkan bahwa PMI manufaktur dan jasa untuk bulan Juni masing-masing diketahui lebih baik dari perkiraan 63,1 dan 58.

PMI Jerman untuk bulan Juni dirilis lebih baik dari prediksi sebesar 64,9 menjelang rilis Indeks Iklim Bisnis Ifo negara tersebut.

Di Inggris Raya, PMI manufaktur lebih baik dari perkiraan 64,2, sedangkan services PMI lebih rendah dari yang diharapkan pada 61,7.

Equityworld Futures