PT Equityworld Futures : Harga Emas Lanjut Naik, Ketidakpastian Waktu ‘Tapering’ Fed Tetap Ada

Equityworld Futures – Harga emas naik di Asia. Logam kuning tampaknya akan menutup minggu ini dengan tren penurunan di tengah ketidakpastian waktu Federal Reserve AS untuk memulai pengurangan aset.

Harga emas berjangka naik 0,17% ke $1.803,05/oz dan telah jatuh 1,7% untuk minggu ini. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, sedikit menguat 0,04% di 92,513.

Beberapa petinggi Fed, termasuk Gubernur Fed Michelle Bowman, yakin laporan pekerjaan AS yang lebih lemah dari perkiraan untuk Agustus tidak akan menunda pengurangan aset di tahun 2021 nanti.

Namun, koleganya Bowman, Presiden Fed Chicago Charles Evans, mengatakan pada Kamis bahwa ekonomi AS “belum keluar dari kesulitan,” dan tantangan, termasuk masalah jaringan pasokan dan kemacetan pasar tenaga kerja, tetap ada.

Di seberang Atlantik, European Central Bank (ECB) merilis keputusan kebijakannya pada hari Kamis.

Meskipun bank sentral itu mempertahankan laju suku bunganya tidak berubah sebesar 0%, tapi  mengindikasikan akan memperlambat laju pembelian di bawah Program Pembelian Darurat Pandemi pada kuartal IV tahun 2021. Namun, Presiden ECB Christine Lagarde dengan cepat meyakinkan pasar bahwa itu bukan tapering.

Seputar data, data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan total ada 310.000 klaim pengangguran awal AS sepanjang minggu. Sementara itu, SPDR Gold Trust (P:GLD) mengatakan kepemilikannya turun menjadi 998,17 ton pada Kamis dari 998,52 ton pada Rabu.

Di logam mulia lainnya, perak naik 0,28% di 24,245. Palladium melonjak 2,10% di 2.209,50, rebound dari level terendah lebih dari satu tahun di $2.143,69 yang dicapai selama sesi sebelumnya.

Equityworld Futures

ewf samarinda