PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik Dolar Turun, The Fed Lanjutkan Pelonggaran Moneter

PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik Dolar Turun, The Fed Lanjutkan Pelonggaran Moneter

Equityworld Futures – Harga emas makin naik didukung oleh keputusan Federal Reserve AS yang mempertahankan kebijakan moneternya yang longgar saat mengumumkan hasil rapat kebijakan terbaru. Dolar AS melemah turut memberikan dukungan lanjut untuk logam kuning safe haven.

Harga emas berjangka terus naik 0,40% di $1.780,95 per troy ons pukul 13.23 WIB menurut data Investing.com. Dolar AS, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan emas, sedikit turun 0,03% di 90,567.

The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah sebesar 0,25%, dan mempertahankan program pembelian obligasi stabil saat merilis keputusan pada Rabu setempat. Ketua Fed Jerome Powell juga menegaskan kembali sikap dovishnya terhadap kenaikan suku bunga, bersikukuh bahwa setiap inflasi bersifat sementara.

Sikap The Fed datang bahkan ketika AS melanjutkan pemulihan ekonominya dari COVID-19. Namun, defisit perdagangan barang AS naik ke rekor tertinggi pada Maret 2021, indikasi bahwa perdagangan menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama tahun ini. Ini pada gilirannya diimbangi oleh permintaan domestik di tengah berlanjutnya bantuan stimulus pemerintah yang belum pernah ada sebelumnya.

Juga dalam radar investor adalah prospek paket stimulus AS lebih lanjut. Joe Biden, dalam pidato pertamanya pada sesi gabungan Kongres AS dalam perannya sebagai presiden, mendorong paket pengeluaran dan kredit pajak yang baru. Paket tersebut, bersama dengan program infrastruktur dan rencana sektor pekerjaan sebelumnya, akan menyedot dana negara sekitar $4 triliun.

Pada logam mulia lainnya, palladium naik 0,65% di 2.949,50, perak naik 1,28% ke 26,418 dan platinum naik 0,34% di 1.226,00.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) naik Rp5.000 dari Rp926.000 pada Selasa menjadi Rp931.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures