PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik, Fed Tidak Beri Sinyal Waktu Pengurangan Aset

PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik, Fed Tidak Beri Sinyal Waktu Pengurangan Aset

Equityworld Futures – Harga emas naik di Asia ke level tertinggi selama lebih dari satu minggu. Federal Reserve AS tidak memberikan kerangka waktu terkait rencana pengurangan aset (tapering) dalam keputusan kebijakan terbaru dan menambahkan masih “jauh” dari pertimbangan kenaikan suku bunga.

Harga emas berjangka kian beranjak naik 0,85% ke $1.815,00 per troy ons menurut data Investing.com setelah mencapai level tertinggi sejak 20 Juli di $1,817,35 sebelumnya. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik dengan emas, turun 0,17% di 92,162 setelah mencapai level terendah dua minggu selama sesi sebelumnya.

Dari dalam negeri, harga emas Antam (JK:ANTM) naik Rp5.000 dari Rp940.000 pada Rabu menjadi Rp945.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 07.55 WIB.

The Fed mengumumkan keputusannya pada Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB dan pengurangan aset masuk ke dalam agenda pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dua hari yang mendahului pengumuman itu.

Namun, Ketua Fed Jerome Powell mengingatkan pasar tenaga kerja AS masih memiliki “beberapa alasan untuk dilindungi” sebelum Fed mulai mengurangi asetnya, meskipun ia tidak memberikan batas waktu yang spesifik. Ia juga mengabaikan risiko yang ditimbulkan oleh penyebaran COVID-19 yang berkelanjutan, dan varian Delta secara global terhadap pemulihan ekonomi AS.

Di Asia Pasifik, Reserve Bank of Australia (RBA) diperkirakan akan menunda pengurangan aset yang direncanakan saat merilis keputusan kebijakannya di minggu depan. RBA telah berencana untuk memulai pengurangan aset pada bulan September, dengan tinjauan menyusul beberapa bulan kemudian. Penundaan kebijakan bank sentral ini terjadi empat minggu setelah rencana tersebut diumumkan dalam keputusan kebijakan RBA terakhir, sejalan dengan perpanjangan aturan lockdown di Sydney diperkirakan akan berdampak pada pemulihan ekonomi.

Seputar COVID-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan pada hari Rabu bahwa 66,6% wilayah AS memiliki tingkat penularan COVID-19 yang cukup tinggi sehingga bisa kembali dimulainya aturan penggunaan masker dalam ruangan.

Di logam mulia lainnya, perak melonjak 1,55% di 25,262, palladium terus naik 0,86% di 2.650,00 dan platinum juga naik 0,65% ke 1.072,30.

Equityworld Futures