PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik, Investor Tunggu Risalah Rapat Fed

PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Naik, Investor Tunggu Risalah Rapat Fed

Equityworld Futures – Harga emas makin naik di Asia dan mendekati level tertinggi dua minggu. Pelemahan dolar AS juga memberi logam kuning dorongan dan investor menunggu rilis risalah dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve AS.

Harga emas berjangka terus naik 0,91% ke $1.799,45 per troy ons setelah mencapai level tertinggi sejak 18 Juni di $1,794,86 pada hari Jumat. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, melemah 0,30% di 92,138 setelah mencapai level tertinggi tiga bulan pada akhir pekan lalu.

Pasar AS ditutup libur pada hari Senin.

Investor tetap fokus pada risalah dari pertemuan Fed Juni, yang dijadwalkan pada hari Rabu, untuk mencari petunjuk lanjutan tentang sikap hawkish mengejutkan bank sentral dalam keputusan kebijakan yang diumumkan setelah pertemuan itu. Pasar juga menunggu keputusan kebijakan Reserve Bank of Australia yang akan dirilis hari ini.

Terkait data, pengeluaran rumah tangga Jepang tumbuh sebesar 11,6% tahun ke tahun di bulan Mei, yang lebih besar dari perkiraan pertumbuhan 10,9% yang disiapkan oleh Investing.com tetapi lebih kecil dari pertumbuhan 13% di bulan April. Angka berkontraksi sebesar 2,1% bulan ke bulan.

Di Eropa, indeks manajer pembelian komposit Markit (PMI) untuk bulan Juni adalah 59,5, sedangkan PMI jasa adalah 58,3. Kedua PMI lebih tinggi dari ekspektasi, dengan bisnis di area tersebut berkembang dengan laju tercepat dalam 15 tahun.

Di seberang Atlantik, PMI non-manufaktur AS dari Institute of Supply Management (ISM) untuk bulan Juni juga akan dirilis.

Saham global tetap mendekati rekor tertinggi pada hari Senin setelah data Eropa dan laporan pekerjaan AS terbaru yang dirilis pada hari Jumat. Namun, kekhawatiran dari varian Delta COVID-19 tetap ada.

Sementara itu, Postal Savings Bank of China menangguhkan pembukaan rekening baru untuk diperdagangkan di pasar logam mulia spot karena fluktuasi harga dan peningkatan risiko perdagangan.

Di logam mulia lainnya, perak kian naik 0,68% di 26,680, sementara palladium naik 0,12% di 2.825,00 dan platinum naik 0,82% ke 1.106,95.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp2.000 dari Rp941.000 pada Senin menjadi Rp939.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures