PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Turun, Pasar Fokus Pengumuman Ketenagakerjaan AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Makin Turun, Pasar Fokus Pengumuman Ketenagakerjaan AS

Equityworld Futures – Harga emas makin turun, mendekati level terendah lebih dari dua bulan dan menuju penurunan bulanan terburuk sejak November 2016. Investor sekarang menunggu data pekerjaan AS untuk mendapatkan petunjuk lanjutan mengenai kemajuan kebijakan moneter Federal Reserve AS.

Harga emas berjangka lanjut turun 0,27% ke $1.758,85 per troy ons setelah jatuh ke level terendah sejak 15 April pada hari Selasa.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp5.000 dari Rp932.000 pada Selasa menjadi Rp927.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 07.51 WIB.

Logam kuning berkurang 7,5% untuk bulan Juni, masih merasakan efek dari keputusan kebijakan yang secara mengejutkan bernada hawkish yang diumumkan oleh The Fed pada awal bulan. Namun, harga emas naik 3,3% untuk kuartal kedua tahun 2021.

“Emas telah berkonsolidasi mendekati posisi terendah sejak perubahan strategi Fed pada kebijakan moneter dan sekarang menunggu data ekonomi AS untuk mencari panduan lebih lanjut,”

“Data gaji pekerja nonpertanian akan menjadi pendorong utama pasar dalam waktu dekat, jika angkanya menunjukkan inflasi upah yang lebih tinggi dan pertumbuhan pekerjaan yang kuat, kita akan melihat lantai berikutnya di emas,” tambah Spivak, mengacu pada laporan pekerjaan AS untuk Juni yang akan dilansir pada hari Jumat.

Sementara itu, investor juga mencerna komentar Gubernur Fed Christopher Waller pada hari Selasa. Waller “sangat optimis” mengenai Ekonomi AS dan memprediksi bank sentral dapat mulai menaikkan suku bunga pada tahun 2022.

Di sisi teknikal, ketidakmampuan emas untuk menembus MA 100-hari adalah tanda bearish yang dapat mendorong investor dana yang diperdagangkan di bursa, yang telah bersabar sejauh ini, untuk bergabung dalam penjualan, sebut analis ANZ dalam catatan.

Di logam mulia lainnya, platinum turun 0,40% ke 1.063,45. Perak naik 0,08% di 25,892 dan paladium juga turun 0,35% ke 2.677,50.

Equityworld Futures