PT Equityworld Futures : Harga Emas Masih Naik Jelang Keputusan Moneter ECB & BI

PT Equityworld Futures : Harga Emas Masih Naik Jelang Keputusan Moneter ECB & BI

Equityworld Futures – Harga emas masih naik terbatas. Dolar AS menguat jelang keputusan rapat moneter European Central Bank (ECB) dan Bank Indonesia (BI) pada Kamis serta kekhawatiran mengenai lonjakan kasus COVID-19 yang melibatkan varian Delta juga tampaknya mereda.

Harga emas berjangka lanjut naik 0,13% di $1.813,70 per troy ons. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, kian naik 0,15% di 93,118 dan imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun jatuh 1,14% di 1,195.

Saham-saham di Asia juga sebagian besar beranjak naik dan investor mendapatkan kembali minat risiko berkat laporan pendapatan yang optimis dan ini menghidupkan kembali optimisme ekonomi.

Di Asia, Bank of Japan (BOJ) juga merilis notulen rapat kebijakan terbarunya. Banyak pengambil kebijakan BOJ khawatir kenaikan biaya komoditas global secara bertahap akan mendorong inflasi negara itu, meskipun beberapa juga mengatakan bahwa tingkat konsumsi yang lemah akan menjaga tekanan ke atas tetap rendah.

Data perdagangan Jepang yang dirilis sebelumnya juga lebih baik dari yang diharapkan. Ekspor tumbuh 48,6% tahun ke tahun, kenaikan dua digit bulan keempat berturut-turut dan impor tumbuh 32,7% tahun ke tahun di bulan Juni.

Sementara, data bea cukai Swiss yang dirilis pada hari Selasa mengatakan ekspor emas ke India naik tipis pada bulan Juni, meskipun tetap jauh di bawah level yang terlihat pada awal tahun, sementara pengiriman ke China turun.

Bank Rusia juga mengatakan cadangan emas negara itu mencapai 73,7 juta troy ounce pada awal Juli. Sementara itu, European Central Bank (ECB) dan Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan keputusan kebijakan masing-masing.

Selain itu, operasi permukaan, termasuk pemrosesan, dilanjutkan di tambang Hemlo Miner Barrick Gold setelah ditangguhkan selama minggu sebelumnya karena adanya kematian pekerja, kata perusahaan itu pada hari Selasa.

Di logam mulia lainnya, perak terus naik ke 0,75% di 25,183, palladium makin naik 0,99% di 2.665,25 dan platinum juga naik 0,58% di 1.070,70.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp3.000 dari Rp950.000 pada Senin menjadi Rp947.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures