PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik Jelang Pengumuman Data Ekonomi AS

PT Equityworld Futures : Harga Emas Naik Jelang Pengumuman Data Ekonomi AS

Equityworld Futures – Harga emas naik di mana investor menunggu rilis data ekonomi AS dan dolar berada di dekat posisi terendah tiga minggu mendorong daya tarik logam kuning safe-haven.

Data AS, yakni produksi industri dan penjualan ritel, akan dirilis nanti.

Harga emas berjangka naik 0,16% di $1.739,05 per troy ons. Dolar AS, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan emas, bergerak di dekat level terendah tiga minggu pada hari Kamis dan imbal hasil obligasi AS turun 0,12% di 1,633 pukul 11.19 WIB setelah melonjak pada bulan Maret.

Pemulihan ekonomi AS dari COVID-19 dipercepat hingga musim semi berkat meningkatnya sentimen konsumen, kata Federal Reserve AS. Ketua Fed Jerome Powell menambahkan bahwa negara ini berada di jalur untuk mencatatkan pertumbuhan dan perekrutan yang lebih cepat dalam beberapa bulan mendatang.

Powell juga menegaskan kembali dukungan berkelanjutan bank sentral untuk pemulihan ekonomi dan mengatakan kemunduran dalam pembelian aset akan terjadi “jauh sebelum” bank sentral mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga, saat hadir dalam acara Economic Club of Washington pada hari Rabu.

Sementara itu, di seberang Atlantik, ekonomi zona euro sekarang mengandalkan “dua hal” stimulus moneter dan fiskal, yang tidak dapat dihilangkan sampai ekonomi pulih sepenuhnya, menurut Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde.

Terkait vaksin COVID-19, panel imunisasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS meminta lebih banyak data sebelum menentukan apakah akan melanjutkan penggunaan vaksin Johnson & Johnson (NYSE:JNJ).

Sebuah tinjauan pada hari Rabu untuk meninjau enam kasus pembekuan darah langka pada perempuan yang menerima vaksin berakhir tanpa pemungutan suara dan pada dasarnya memperpanjang penghentian penggunaan vaksin. Food and Drug Administration (FDA) akan meninjau analisis CDC setelah dirilis dan menentukan langkah selanjutnya.

Sementara, perak turun 0,05% di 25,512, palladium naik 0,54% di 2.696,00 dan platinum turun 0,10% di 1.174,60.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp5.000 dari Rp930.000 pada Rabu menjadi Rp925.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures