PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik Seiring Munculnya Sinyal Tren Bullish

PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik Seiring Munculnya Sinyal Tren Bullish
PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Naik Seiring Munculnya Sinyal Tren Bullish

Equityworld Futures – Harga emas terus naik, diperdagangkan mendekati level tertinggi empat bulan seiring mulai munculnya indikasi tren bullish.

Harga emas berjangka masih naik 0,39% ke $1.883,95 per troy ons setelah naik ke $1.890,13, level tertinggi sejak 8 Januari, selama minggu lalu.

Indeks dolar AS, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan emas, turun tipis 0,09% di 89,927 tetapi tetap mendekati level terendah dalam tiga bulan. Imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun turun 0,74% di 1,620, tetap mendekati level terendah seminggu.

Kekhawatiran investor yang berkelanjutan mengenai inflasi yang tak terkendali dan wabah COVID-19 yang tengah berlangsung di beberapa negara membatasi kenaikan tiga minggu berturut-turut untuk logam kuning tersebut.

Kebijakan lockdown di India yang dipicu oleh gelombang COVID-19 terbesar di negara itu sejauh ini, di samping lonjakan harga domestik, meredam pasar emas fisik.

Meskipun ekspektasi inflasi baru-baru ini menurun berkat komitmen Federal Reserve AS terhadap kebijakan dovishnya saat ini, ekspektasi tersebut belum sepenuhnya hilang karena investor khawatir bahwa pemulihan berkelanjutan AS dari COVID-19 dapat memicu tekanan harga dan dapat melihat bank sentral mulai menarik kembali langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Beberapa pejabat Fed, termasuk gubernur Lael Brainard, akan menyampaikan pidato sepanjang minggu ini.

Sementara, beberapa bank sentral akan merilis keputusan kebijakannya sepanjang minggu. Bank Indonesia akan mengumumkan keputusannya pada hari Selasa, diikuti oleh Reserve Bank of New Zealand pada hari Rabu dan Bank of Korea pada hari Kamis.

Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda akan berpidato kemungkinan hari ini.

Volatilitas di pasar mata uang kripto, khususnya bitcoin, juga ada dalam radar investor. Mantan Menteri Keuangan AS Lawrence Summers mengatakan kepada Reuters bahwa cryptocurrency menawarkan alternatif emas bagi yang mencari aset “terpisah dan terpisah dari cara kerja pemerintah sehari-hari.”

Kripto berpotensi tetap menjadi fitur pasar global sebagai sesuatu yang mirip dengan “emas digital”, bahkan jika kepentingannya dalam perekonomian tetap terbatas, tambahnya.

Pada logam mulia lainnya, palladium naik 1,05% ke 2.798,00 dan perak naik 1,22% ke 27,820, sementara platinum naik 0,15% di 1.170,00.

Equityworld Futures

ewf samarinda