PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Turun Pasca Pernyataan Dukungan dari Ketua Fed

PT Equityworld Futures : Harga Emas Terus Turun Pasca Pernyataan Dukungan dari Ketua Fed

Equityworld Futures – Harga emas turun di Asia tetapi menuju kenaikan empat minggu berturut-turut. Pergerakan logam kuning ini dipengaruhi oleh penegasan Ketua Federal Reserve Jerome Powell bahwa setiap inflasi akan bersifat sementara dan bank sentral akan terus mendukung perekonomian.

Harga emas berjangka masih turun 0,19% di $1.825,60 per troy ons pukul 13.10 WIB menurut data Investing.com, tetapi naik 0,8% untuk pekan ini. Indeks dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik dengan emas, turun tipis 0,01% di 92,623.

Powell menyampaikan komentarnya pada hari kedua kesaksian di hadapan Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Kamis, di mana ia mengulangi janjinya mengenai “dukungan kuat” untuk pemulihan ekonomi AS dari COVID-19.

Namun, investor memperkirakan bahwa Fed akan memulai pengurangan aset pada akhir 2022. Beberapa bahkan memperkirakan kenaikan suku bunga pada awal 2022 tetapi mengakui bahwa wabah COVID-19 baru-baru ini yang melibatkan varian Delta tetap menjadi risiko ekonomi terbesar.

Di Asia, Bank of Japan (BOJ) membiarkan target kontrol kurva imbal hasil (YCC) tidak berubah sebesar -0,1% untuk suku bunga jangka pendek dan 0% untuk imbal hasil obligasi 10 tahun saat menyimpulkan pertemuan dua hari sebelumnya.

Investor juga terus mencerna angka PDB kuartal II dari China, konsumen besar  emas. Karena biaya bahan baku yang lebih tinggi dan wabah COVID-19 baru menyebabkan pertumbuhan yang lebih lambat, ekspektasi berkembang bahwa para pengambil kebijakan mungkin harus berbuat lebih banyak untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Sementara itu, Barrick Gold (NYSE:GOLD) Corp mengatakan pada hari Kamis produksi emas kuartal II turun 5,4% dari kuartal sebelumnya. Penutupan pemeliharaan yang direncanakan di Tambang Emas Nevada di AS dan Pueblo Viejo di Republik Dominika menyebabkan penurunan tersebut.

Pada logam mulia lainnya, perak turun 0,22% di 26,337 dan paladium naik 0,49% di 2.744,50, sedangkan platinum turun 0,36% di 1.134,65.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) naik Rp3.000 dari Rp953.000 pada Kamis menjadi Rp956.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia.

Equityworld Futures