PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Kendati Kabar Pembahasan Stimulus Kembali Hadir

PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Kendati Kabar Pembahasan Stimulus Kembali Hadir
PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Kendati Kabar Pembahasan Stimulus Kembali Hadir
PT Equityworld Futures : Harga Emas Turun Kendati Kabar Pembahasan Stimulus Kembali Hadir

Equityworld Futures – Harga emas turun pada Rabu (02/12) pagi kendati kembali munculnya kabar pembahasan langkah-langkah stimulus lanjutan di Amerika Serikat dan juga optimisme vaksin covid-19.

Harga emas berjangka turun 0,28% di $1.813,85 per ons pukul 11.53 WIB dan XAU/USD melemah 0,26% ke $1.810,60 menurut data Investing.com.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) melonjak Rp14.000 dari Rp938.000 pada Selasa menjadi Rp952.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 08.23 WIB.

Optimisme pasar kembali muncul setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin melaksanakan pembahasan pertama langkah-langkah stimulus terbaru sejak berakhirnya pemilihan presiden AS pada 3 November silam.

Dari Partai Republik, pemimpin Senat AS Mitch McConnell pada Selasa mendesak Kongres AS untuk memasukkan anggaran dana belanja bantuan stimulus senilai $1,4 triliun, yang bertujuan untuk menghentikan penutupan kegiatan pemerintah di tengah maraknya covid-19. McConnell juga menyampaikan versi revisi dari rencananya kepada sesama anggota Partai Republik.

Program pinjaman darurat yang diprakarsai oleh Federal Reserve selama pandemi dapat diajukan kembali dengan cepat setelah berakhir pada akhir tahun, pejabat senior Federal Reserve New York Lorie Logan mengatakan saat melakukan diskusi virtual pada hari Selasa.

Meskipun Presiden Fed Chicago Charles Evans dan Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan bahwa mereka tidak melihat adanya kebutuhan segera atas stimulus moneter lanjutan, Evans memang meminta lebih banyak dukungan fiskal.

Ketua Fed Jerome Powell lebih menyikapi hati-hati, dengan mengingatkan bahwa ekonomi AS tetap dalam keadaan rusak dan ada ketidakpastian selama kesaksiannya pada sidang Komite Perbankan Senat AS pada hari Selasa. Powell akan kembali bersaksi di hadapan Kongres AS hari ini. The Fed juga bakal mengadakan pertemuan kebijakan pada 15 dan 16 Desember.

Sementara itu seiring meningkatnya jumlah kasus global covid-19, rencana program vaksinasi covid-19 warga Amerika Serikat kemungkinan secepatnya pertengahan Desember diumumkan pada Selasa.

Pengembang vaksin berpotensi memenuhi tenggat waktu itu. BioNTech SE (F:22UAy) mengatakan bahwa pengiriman pertama calon vaksin BNT162b2, dikembangkan bersama dengan Pfizer Inc (NYSE:PFE) , bisa dilakukan “dalam beberapa jam” setelah mendapat persetujuan.

Adapun, Moderna Inc (NASDAQ:MRNA) juga mengumumkan rencana awal pekan ini untuk meminta izin bagi calon vaksin buatan mRNA-1273 di AS dan Eropa. Kedua pengembang vaksin tersebut telah mengajukan permohonan persetujuan darurat di Uni Eropa.

Equityworld Futures

ewf samarinda