PT Equityworld Futures : Saham Berjangka Eropa Mayoritas Naik, Keyakinan Pembukaan Ekonomi Tumbuh

PT Equityworld Futures : Saham Berjangka Eropa Mayoritas Naik, Keyakinan Pembukaan Ekonomi Tumbuh

Equityworld Futures – Pasar saham berjangka di Eropa mayoritas naik, di tengah berlanjutnya kekhawatiran atas meningkatnya kasus Covid-19 di India tetapi juga mencuatnya optimisme terhadap ekonomi utama di seluruh dunia bisa kembali dibuka.

DAX futures Jerman turun 0,10% ke 15.244,5, CAC 40 futures Prancis menguat 0,24% di 6.279,2 dan FTSE 100 futures Inggris menguat 0,96% di 6.992,2 menurut data Investing.com. Di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) stagnan di sekitar level 5.952,37 pukul 14.33 WIB.

Dow Jones Industrial Average berakhir naik sebesar 0,7%, S&P 500 naik 0,27%, tetapi Nasdaq Composite melemah 0,48% lantaran saham-saham teknologi tertinggal dari sektor yang dianggap sebagai penerima manfaat dari pemulihan pandemi.

Volume perdagangan di Asia masih tipis karena hari libur di China dan Jepang.

Kembali ke Eropa, kepercayaan tumbuh atas pemulihan dari pandemi karena tingkat vaksinasi di negara-negara anggota Uni Eropa meningkat dengan cepat. Pada hari Senin, Komisi Eropa mengajukan rencana untuk membuka kembali benua itu bagi wisatawan dari negara-negara dengan tingkat infeksi Covid yang rendah, seperti Inggris, dan kepada siapa saja yang telah divaksinasi penuh, sebagai permulaan di bulan Juni.

Ada catatan optimisme serupa di AS, dengan banyak negara bagian terus melonggarkan pembatasan pandemi di tengah peluncuran vaksin. New York, salah satu negara bagian AS yang paling terpukul, baru-baru ini mengumumkan pembatasan mobilitas paling banyak akan segera dicabut, sementara layanan kereta bawah tanah 24 jam akan dilanjutkan di Kota New York bulan ini.

Yang agak berat sebagaimana diketahui di Asia, dan India pada khususnya. Gelombang kedua infeksi Covid-19 di negara itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, di mana jumlah kasus yang dilaporkan mencapai 20 juta sebelumnya pada Selasa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pekan lalu satu dari setiap tiga kasus virus korona baru global dilaporkan di India.

Musim laporan keuangan berlanjut di Eropa pada Selasa.

Perusahaan telekomunikasi Norwegia Telenor (OL:TEL) membukukan kerugian bersih kuartal pertama setelah sepenuhnya nilai operasinya terganggu di Myanmar akibat kudeta militer di negara itu pada awal tahun ini, sementara perusahaan asal Swiss Adecco (SIX:ADEN) mendapatkan untung, didorong oleh pembukaan kembali bisnis secara bertahap.

Laporan pendapatan juga akan diketahui dari perusahaan seperti Infineon (OTC:IFNNY), Deutsche Post (DE:DPWGn) DHL Group (OTC:DPSGY) dan Siemens (DE:SIEGn) Energy (DE:ENR1n).

Harga minyak turun tipis pada Selasa petang, lantaran meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di India, menyebabkan beberapa kekhawatiran di pasar. Namun, investor tetap optimistis pemulihan ekonomi yang berlanjut di kawasan seperti Eropa dan AS akan meningkatkan permintaan bahan bakar keseluruhan.

Data pasokan minyak mentah AS dari American Petroleum Institute (API), di sesi hari ini, akan dipelajari dengan cermat.

Harga minyak WTI turun tipis 0,03% di $64,47 per barel dan harga minyak Brent turun tipis 0,06% ke $67,52 per barel. Kedua kontrak tersebut menguat lebih 30% sepanjang tahun ini.

Adapun, harga emas berjangka terus turun 0,39% di $1.784,90 per troy ons, sementara EUR/USD kian melemah 0,37% di 1,2016.

Equityworld Futures

ewf samarinda